Jumat, 02 Oktober 2009

mengakhiri Pembalajaran dengan Suatu Hal yang Menarik

Memperkenalkan suatu topik yang istimewa beberapa menit terakhir dari jam pelajaran dapat membuat para siswa menyesali mengapa jam pelajaran segera berakhir. Diaharapkan agar para siswa akan meninggalkan kelas dengan memperbincangkan sesuatu yang menyenangkan yang telah terjadi pada pelajaran matematika yang baru saja diikuti. Dan diharapkan semangat mereka akan terus membara sampai hari-hari berikutnya. Dan mereka ingin sekali kembali mendapatkan pelajaran matematika untuk mendapatkan materi pelajaran yang lebih banyak lagi.
Banyak hal istimewa yang dapat dikerjakan dengan menghiasi trik atau pola matematika sederhana. Berikut adalah salah satu contoh trik untuk mengisi akhir pembelajaran supaya lebih menarik.
Seorang siswa diminta untuk maju kedepan papan tulis, dengan guru menghadap kedepan para siswa, siswa yang berada di depan papan tulis di beri perintah sebagai berikut :

  • tulis bilangan dengan dua digit yang terletak antara 50 dan 100.
  • tambahkan 76 terhadap bilangan itu
  • coret angka ratusannya
  • tambahkan angka ratusan yang dicoret terhadap bilangan dua digit yang tersisa
  • kurangi hasilnya dengan bilangan semula

hal yang menarik dari trik ini adalah bahwa hasil akhirnya selalu 23. tanpa terpengaruh bilangan mulu-mula yang di pilih oleh siswa, selama langkah-langkah yang dijelaskan diikuti. akan tetapi tidak akan terlalu istimewa untuk menyimpulkan dengan mengumumkan bahwa hasil akhirnya adalah 23. suatu pendekatan menarik adalah sebagai berikut.
sebelum masuk kelas gunakan punggiran sabun yang basah dan tulis angka 23 ditelapak tangan. saat tulisannya kering maka tulisan angkanya tidak bisa dilihat oleh siswa, dikelas, setelah menyelesaikan permainan teka-teki ini, suruh siswa untuk menuliskan hasil akhirnya pada selembar kertas dan suruh melipatnya. kemudian secara hati-hati bakar kertasnya pada tempat yang sesuai dan tunggu sampai abunya dingin. ambil abunya dan gosokan ketelapak tangan, maka seolah-olah karena ajaib angka 23 akan terlihat ditelapak tangan.

Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar