Kamis, 01 Oktober 2009

Permainan Matematika

Permainan 50

Tidak jarang orang atau siswa mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, terkadang membosankan. pembelajaran matematika umumnya disajikan secara monoton sehingga siswa merasa jenuh. keefektifan pembelajaran dan materi yang di sampaikan akan terserap mudah oleh siswa salahsatunya dapat dilihat dari segi siswanya yaitu rasa senang siswa terhadap suatu topik atau pelajaran. Umumnya guru menyajikan pelajaran dalan sekali pertemuan dengan membahas pelajaran yang lalu, menyampaikan materi ajar dan pemberian tugas, dengan hal demikian siswa akan merasa jenuh dan bosan. Guru atau pengajar perlu menciptakan suasana yang menyenangkan agar pembelajaran lebih hidup. Ada berbagai cara bagi guru atau pengajar bidang mtematika supaya pembelajaran matematika lebih menyenangkan bagi siswa.Diantaranya lewat permainan matematika, salah satunya adalah permainan 50. permainan ini dapat di kembangkan lagi oleh guru.
agar pembelajaran lebih berkesan, setiap akhir pembelajaran, sebelum siswa pulang, selain pemberian tugas, alangkah menyenangkannya kita mengajak siswa bermain matematika. dalam permaianan ini guru mengajak satu atau dua siswa untuk bermaian. hal ini bisa dilakukan terus menerus sampai seluruh siswa atau trik yang dipakai terpecahkan oleh siswa. dengan permaianan ini siswa terpancing untuk memecahkan trik permainan.

aturan main
Permainan di mainkan dengan menggunakan angka 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Dua pemein memilih angka secara bergantian, setiap angka yang di pilih oleh kedua pemain akan di jumlahkan, dan yang mengakhiri dengan jumlah 50 dialah pemenangnya. jika lebih maka permainan di ulang.

strategi
Guru dapat memenangkan permainan jika bisa mencapai angka 43. kunci kemenangan dalam alur permainan adalah pada angka kemenangan yaitu : 1, 8, 15, 22, 29, 36, 43, 50. setiap lawan memilih angka guru memilih angka yang jumlahnya 7 dari angka lawan. Misalnya siswa memilih 1 maka guru memilih 6, jika siswa memilih 4 maka guru memilih 3 dan begitu seterusnya. jika guru mendapat giliran pertama maka angka yang di pilih adalah 1, kemudian menyesuaikan dengan angka yang dipilih siswa agar jumlahnya 7, jika siswa memilih 5 guru mamilih 2, jika siswa memilih 3 guru memilih 4. dengan demikian maka akan tercapai deret angka kemenangan. Jika siswa mendapat giliran pertama, maka guru berusaha sedemikian rupa agar alur permainan seperti deret angka kemenangan.

selamat mencoba

1 komentar: