Jumat, 02 Oktober 2009

Permainan Matematika

Berikan kepada dua orang siswa anda selembar kertas dan pena, minta keduanya untuk memilih sebuah bilangan sembarang antara 1 dan 99 dan tulis secara tersembunyi dalam selembar kertas. Anda harus menebak bilangan-bilangan tersebut dengan suatu perhitungan.
Berikan sebuah kalkulator kepada salah satu siswa anda tadi dan minta dia untuk mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Kalikan bilangan yang dipilih dengan 2, tekan =
  2. Tambahkan 4 dan tekan =
  3. Kalikan dengan 5 dan tekan =
  4. Tambahkan 12 dan tekan =
  5. Kalikan dengan 10 dan tekan =
  6. Tanpa menghapus hasil dalam kalkulator tadi minta siswa anda yang pertama untuk diberikan kepada teman yang satunya, kemudian suruh dia untuk menambahkan bilangan yang ia pilih agar diperoleh jumlah bilangan nya pada kalkulator.
  7. Kurangi hasil baru perhitungan tadi dengan 320 dan tekan =
  8. Bagi dengan 100 dan tekan =
Lihat oleh anda dalam kalkulator. Digit-digit disebelah kiri dari koma desimal akan menunjukkan bilangan yang siswa pertama anda pilih, dan setelah koma desimal merupakan bilangan dari siswa anda yang satunya lagi. Minta kedua siswa anda menunjukkan bilangan-bilangan yang mereka tulis tadi. Mereka harus mencocokkan kedua bilangan mereka dengan bilangan yang tertera pada layar kalkulator. Coba anda analisa mengapa bisa terjadi demikian ?
Selamat Mencoba……

( Sumber : Koleksi Permainan Matematika dari buku Matematika Aplikasi – Penyusun Drs. Matrisoni )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar